• Minggu, 10 Februari 2019 - 9:43:53 Wib - Dibaca : 2670 Kali

Camat Pinggir Hadiri Kegiatan Gotong Royong Pembangunan Masjid Al-Muttaqin di Desa Muara Basung

Teks foto: Pembangunan Masjid Al-Muttaqin di Dusun 2 Sialang Rimbun Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir, Rabu 30 Januari 2019

PINGGIR - Camat Pinggir Menghadiri kegiatan gotong royong dalam rangka pembangunan Masjid Al-Muttaqin di Dusun 2 Sialang Rimbun Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir, Rabu 30 Januari 2019.

    

 

Alhamdulillah, mengawali tahun 2019 ini semangat warga jalan impres, Dusun 2 Sialang Rimbun Desa Muara Basung terus bergelora, penuh semangat dan maju terus.  

syukur alhamdulillah gotong royong secara berskala itu sudah dimulai pada pertengahan tahun 2018 dan sekarang sudah memasuki tahap pengecoran. Puluhan warga berbondong-bondong dengan sangat antusias dalam melakukan kegiatan gotong royong dalam rangka pembagunan Masjid tersebut.

 

    

 

Dalam kegiatan gotong royong tersebut dihadiri oleh Camat Pinggir Toharudin, Anggota DPRD Kab.Bengkalis Dapil Pinggir Pipit Lestari, Ketua LAMR Kec.Pinggir Al-Azmi, Kepala Desa Muara Basung Ahyar Mukmin, Ketua Masjid Ust.Kartono, Ketua panitia Pembangunan Masjid Syahril, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Para Jama'ah Masjid Al-Muttaqin.

Ketua Panitia pembangunan Masjid Al-Muttaqin Syahril, dalam pengantarnya bahwa kegiatan yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu kegiatan gotong royong yang dilakukan warga masyarakat Desa setempat, sehingga dari kegiatan tersebut masyarakat begitu antusias dengan melaksanakan semangat gotong royong dan serta saling bahu membahu membangun Masjid Al-Muttaqin dengan cara bergotong royong sesuai dengan kemampuan masing-masing.

"Dengan semangat gotong royong yang ditujukan ini dalam rangka mendirikan tempat ibadah sehingga pekerjaan seberat apapun kalau di kerjakan bersama-sama akan menjadi ringan.”ungkapnya.

Camat Pinggir Toharudin, mengatakan bahwa dengan dilakukan kegiatan gotong royong pembangunan Masjid Al-Muttaqin ini, sebagai bentuk keperdulian dari kita semua selaku warga masyarakat dalam rangka menyelesaikan pembangunan masjid, sehingga dari pengerjaan dengan gotong royong ini diharapkan pembangunan masjid dapat diselesaikan dengan tepat waktu sehingga pada akhirnya nanti pembangunan masjid dapat digunakan oleh warga masyarakat dalam rangka menunaikan ibadah dan kegiatan sarana dan prasarana keagamaan.

Selain itu ia juga menghimbau agar panitia pembangunan Masjid kiranya lebih rajin dan gigih untuk mencari bantuan dana pembangunan masjid karena ini merupakan perjuangan demi rumah Allah SWT, dan demi menjalankan syariat agama kita. untuk pengurus Masjid dan panitia masalah dana harus transparan, sebesar dan sekecil apapun dana yang didapat dari masyarakat dan donatur harus dapat dipertanggung jawabkan. dan kemudian untuk masyarakat dan para jama'ah khususnya kita harus meningkatkan silaturahmi dan silaturahim agar kita dapat mempererat tali persaudaraan dan kekompakan kita.

“Saya selaku Camat Pinggir dan pribadi menyampaikan apresiasi yang dilakukan oleh warga masyarakat Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir membahu menyelesaikan pembangunan masjid tersebut.”ungkapnya.

Pendirian masjid adalah pendirian rumah Allah SWT yang hanya bisa dilakukan atas kehendak-Nya dan dilakukan secara bersama-sama (berjamaah), karena kecintaan dan rasa syukur kita kepada-Allah SWT. Allah SWT juga menjanjikan pahala yang besar bagi seseorang yang membangun masjid, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, Dari Utsman bin Affan r.a, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Barang siapa membangun masjid dengan mengharapkan wajah Allah, sungguh Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di jannah/surga’.

Camat Pinggir berharap Semoga dengan dibangunnya Masjid Al-Muttaqin, masyarakat muslim Dusun 2 Sialang Rimbun Desa Muara Basung dapat merealisasikan kehidupan sebagai seorang muslim yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT, bera’mar ma’ruf nahi munkar, saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran, memberikan manfaat bagi komunitas di sekitarnya dan memanfaatkan masjid sebagai tempat belajar dan mengajarkan Al Qur’an dan Sunnah rasul-Nya.

serta kepada seluruh warga masyarakat untuk menjaga terus kekompakan dan kegotong royongan yang dilaksanakan sehingga pada akhirnya nanti masyarakat bisa rajin beribadah dan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah Swt.”harapnya

Adapun tujuan dalam pembangunan Masjid Al-Muttaqin ini yaitu :

  1. untuk Memenuhi kebutuhan masyarakat Dusun 2 Sialang Rimbun Desa Muara Basung dalam meraih kesempurnaan ibadah
  2. Menunjang kegiatan belajar mengajar di khususnya pendidikan agama dan karakter anak didik, Memfasilitasi kegiatan masyarakat baik keagamaan (Shalat 5 waktu, shalat jum’at, shalat ied, ramadhan), maupun sosial kemasyarakatan
  3. serta Menjadi pusat dakwah Islam pada umumnya dan penyebaran budaya islam.

Kepala Desa Muara Basung Ahyar Mukmin, memberikan pengarahan agar masyarakat Desa Muara Basung agar mau peduli dan memperhatikan lingkungan sekitar tidak bertumpu hanya pada pemerintah saja, karena pemerintah hanya membangun tetapi yang merawat dan menjaga itu kita semua.

Selanjutnya, Anggota DPRD Kab.Bengkalis Dapil Pinggir Pipit Lestari memberi masukan terkait pembangunan Masjid, untuk di tahun 2018 sudah ada memang masalah hiba untuk dana masjid dan gereja-gereja namun untuk pengurus masjid tolong diarakahkanlah bagaimana cara membuat proposal dengan lengkap disertai notaris yang nantinya dibantu dan dikoordinasikan kepada bapak bupati.

"Dan saya juga apresiasi sekali kepada warga Dusun 2 Sialang Rimbun Desa Muara Basung ini dengan semangat kegotong royongan ini jadi kita selaku Desa Muara Basung bangga karena terkenal kompakknya jadi kita harus mempertahankan kekompakan kita."ungkapnya

Ketua LAMR Kec.Pinggir Al-Azmi, juga menghimbau agar masyarakat Dusun 2 Sialang Rimbun ini dapat menjaga dan merawat Masjid Al-Muttaqin apabila sudah selesai pembangunannya, dan ia juga berharap agar Masjid Al-Muttaqin ini dipenuhi oleh para jama'ah setiap harinya dalam melaksanakan shalat dan ibadah lainnya.


Tulis Komentar