• Kamis, 11 Agustus 2022 - 15:32:08 Wib - Dibaca : 1624 Kali

Pembinaan UP2K Poklak II Citra Balai Raja Kelurahan Balai Raja di Kolam Pancing Hasmi Garden

Teks foto: Pembinaan UP2K Poklak II Citra Balai Raja Kelurahan Balai Raja di Kolam Pancing Hasmi Garden

Pinggir - Pembinaan UP2K Poklak II Citra Balai Raja Kelurahan Balai Raja di Kolam Pancing Hasmi Garden. Selasa 9 Agustus 2022.

Dalam kegiatan Pembinaan UP2K ini dihadiri oleh Ketua Pokja II Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis H.IRMAN, Sekretaris Pokja II Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis AGUSTINA, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Pinggir WIEKE ARIESTA S.Sos, Kepala UPT Perlindungan Konsumen dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Kecamatan Pinggir HARZULKIFLI Serta Ketua Pokja dan Anggota TP PKK Kelurahan Balai Raja.

Kepala UPT Perlindungan Konsumen dan Pengembangan Industri Kecil dan Menengah Kecamatan Pinggir HARZULKIFLI , dalam sambutannya menyampaikan “ Kami dari UPTD Perdagangan dan Perindustrian kabupaten bengkalis sangat mendukung kegiatan – kegiatan yang ada di Kecamatan Pinggir, dalam UKM produk-produk yang kita  unggulkan harus kita tunjukkan dan memproduksi produk unggulan serta inovasi produk unggulan. Kedepannya dengan Produk-produk UKM yang ada di Balai Raja diaharapkan dapat meningkatkan pendapatan karena cukup berpotensi dalam menunjang kesejahteraan warga masyarakat.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Pinggir WIEKE ARIESTA S.Sos dalam sambutannya menyampaikan “Produk UKM ini sebenarnya udah bergerak atau udah berkembang pesat namun ada sedikit hambatan dimana dapat dilihat di Swalayan di toko-toko maupun warung banyaknya produksi itu masuk dari luar negeri sehingga dapat menghimpit produksi-produksi UKM itu sendiri. yang keduanya persaingan harga kalau dilihat dari kemasan dari rasa mungkin tidak kalah kita tapi dikarenakan mereka itu menjual harga itu di bawah di bawah standar kita akhirnya minat masyarakat kita di banyak bangga mereka untuk membeli produk luar negeri pada biar dia tidak tahu bahwa kita di sini lebih untuk memproduksi industri maupun produksi yang besar .”

Diharapkan kedepannya agar dengan produk UKM sudah banyak diekspor ke luar negeri atau ke manapun itu adalah produk-produk pertahankan rasa kualitas maupun kuantitasnya tapi mengapa setelah datangnya produk dari hubungan itu terlalu banyak sehingga mereka itu bisa menghimpit produksi-produksi kita. “Ujarnya

Kami juga berterima kasih atas TP PKK Kabupaten yang telah memenuhi undangan kami dalam rangka pembinaan kepada UP2K di Kelurahan Balai Raja, apresiasi dan semoga kedepannya kegiatan ini menjadi contoh untuk dasawisma-dasawisma Desa yang lainnya  agar bisa menjadi ikon percontohan UP2K Balai Raja ini.” Harapnya.

Ketua Pokja II Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis H.IRMAN dalam Pembinaannya menyampaikan, “Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK ditingkat rumah tangga menjadi pilihan dan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mengembangkanpemberdayaan ekonomi.”

Keluarga adalah unit terkecil dalam masayarakat yang terdiri darisuami istri atau suami dan anaknya, atau ayah dan anaknya. Usaha ekonomi merupakan strategi laternatif pemberdayaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, oleh karena itu pendekatan berbasis social kemasyarakatan, tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga mencakup pengembangan kemapuan dan keahlian warga desa/kader dan anggota rumah tangga. Khususnya keluarga-keluarga yang telah mempunyai usaha.

Pemberdayaan ekonomi keluarga pada dasarnya agar seluruh anggota kelaurga terlibat dalam kegiatan produktif, sehingga bertambah pendapatan keluarga karena masing- masing anggota memberikan sumbangan pendapatannya untuk memnuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Gotong Royong merupakan nilai tradisi bangsa, maka pemberdayaan ekonomi keluarga dapat meningkat dan terwujud secara bersama- sama dalam keluarga. Semua usaha ekonomi yang diusahakan baik secara kelompok maupun perorangan, dikelola dalam satu wadah yang disebut kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.

Pada umumnya seluruh daerah mempunyai potensi unggulan untuk dikelola dan diolah menjadi makanan, industry kerajinan yang mempunyai nilai jual cukup tinggi dengan kualitas dan kuantitas masing-masing wilayahnya.

Kegiatan UP2K PKK telah dapat dirasakan oleh keluarga dan masyarakat didaerah. Produksi yang dihasilkan telah mampu merubah tingkat ekonomi keluarga, sehingga melalui kegiatan UP2K meningkatkan pendapatan keluarga yang memenuhi kebutuhan hidup yang berkecukupan.

Dalam penjelasannya Ketua Pokja II Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bengkalis H.IRMAN juga menyampaikan Program Kerja Pokja II dalam mengelola Program Pendidikan dan Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi yaitu :

Meningkatkan pendidikan dan ketrampilan dalam keluarga, peningkatan jenis dan mutu kader, peningkatan pengetahuan TP PKK dan kelompok-kelompok PKK dan Dasawisma melalui penyuluhan, orientasi dan pelatihan, Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan program Bina Keluarga Balita (BKB), Memantapkan Kelompok Belajar (Kejar) Paket A dan B dan C, Meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran dalam keluarga tentang pentingnya pendidikan anak sejak usia dini (0-6) tahun agar anak tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan usianya, Membantu program Keaksaraan Fungsional (KF) dalam rangka meningkatkan pendidikan keluarga, Meningkatkan kelompok dan kualitas Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Memotivasi keluarga tentang manfaat koperasi sebagai salah satu upaya perbaikan ekonomi keluarga dan mendorong terbentuknya koperasi yang dikelola oleh PKK, Identifikasi kebutuhan pelatihan dan Menyusun modul-modul pelatihan, Berparitisipasi dalam Forum PAUD bekerjasama dengan Pokja IV yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan Nasional, Meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pendidikan dasar untuk semua sesuai dengan tujuan MGDs yaitu agar setiap anak laki-laki dan perempuan mendapatkan dan menyelesaikan pendidikan dasar.

 


Tulis Komentar