• Sabtu, 13 April 2019 - 23:23:04 Wib - Dibaca : 7989 Kali

Pembukaan lomba Qasidah rebana dalam rangka MTQ ke-16 Oleh camat Pinggir

Teks foto: Camat Pinggir Di Dampingi Dewan Juri Dalam Pembukaan Acara Lomba Qasidah Rebana MTQ Ke-16 Kec.Pinggir

PINGGIR - Pembukaan lomba Qasidah rebana dalam rangka MTQ ke-16 Oleh camat Pinggir, ditandai dengan pemukulan kendang rebana oleh camat Pinggir, Kamis siang 04 April 2019

Selain Tilawah, cabang lomba yang turut dipertandingkan pada MTQ Kecamatan Pinggir turut dimeriahkan Qasidah rebana. Lomba ini diikuti oleh berbagai grup rebana dari Kelurahan Balai Raja, Kelurahan Titian Antui,Desa Balai Pungut, Desa Muara Basung, Desa Pinggir, Desa Semunai, Desa Tengganau, Desa Sungai Meranti, Desa Pangkalan Libut, Desa Buluh Apo.

Acara ini dimulai dengan sambutan Ketua LPTQ Kecamata Pinggir yang menjadi Ketua Dewan Juri

TUBARI S.Ag selaku Ketua LPTQ Menghimbau kepada semua masyarakat untuk bawa kebiasaan di bulan Ramadhan ke bulan-bulan lainnya, karena banyak kebiasaan dibulan Ramadhan berdampak positif dalam kehidupan kita sehari-hari.

“Selain itu saya juga  mengapresiasi kegiatan kasidah rebana yang dilaksanakan ini dan yakin melalui kegiatan kasidah rebana ini pengembangan akidah Islam akan dapat berjalan dengan baik,” kata TUBARI S.Ag

Kemudian Camat Pinggir TOHARUDIN, SH, M.Si juga menyampaikan motivasi dalam sambutannya

Seni kasidah jika dilestarikan dan menjadi bagian dari keseharian, maka akan mampu menjadi sarana yang ampuh guna membentengi diri khususnya generasi muda dari pengaruh negative seperti pergaulan bebas dan narkoba. Melalui lantunan syair dan lagu-lagu religius yang bersifat edukatif, khususnya dalam syiar dan nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya diharapkan mampu memotivasi para remaja sebagai generasi penerus bangsa untuk menjadikan mereka berprilaku lebih baik.

“Berlombalah dengan sebaik-baiknya, tampilkan yang terbaik dalam rangka memberikan hiburan kepada masyarakat. Kita berharap kedepan kita bisa menjadi tuan rumah pada acara kasidah rabana tingkat Kecamatan Pinggir,” kata TOHARUDIN, SH, M.Si

 

Para peserta pun tampak tampil maksimal, membawakan berbagai tembang syiar Islam di panggung. Dengan penilaian meliputi aransemen musik, vokal, kostum, hingga koreo dan kekompakan.

Diadakannya lomba qasidah sebagai upaya mendorong dan mengembangkan potensi, serta menyalurkan minat dan bakat seni Islam melalui qasidah rebana.

Lomba Qasidah Rebana ini diikuti oleh 11 peserta diantaranya :

1. Group Rebana An-Nur (Titian Antui)

2. Group RebanaAl-Zahro (Balai Pungut)

3. Group Rebana Ukhtun Aulia (Muara Basung)

4. Group Rebana Nurhidayah (Balai Raja)

5. Group Rebana Al-Mubin (Muara Basung)

6. Group Rebana Nur Iman (Sungai Meranti)

7. Group Rebana Al-Ikhlas ( Pinggir)

8. Group Rebana Nur Iman (Semunai)

9. Group Rebana Nur Iman 2 (Semunai)

10. Group Rebana Al-Muhajirin (Tengganau)

11. Group Rebana Nada Aisyah (Sungai Meranti)


Tulis Komentar