• Selasa, 26 Juli 2022 - 0:33:33 Wib - Dibaca : 2224 Kali

MTQ Ke-14 Tingkat Desa Muara Basung Resmi Ditutup, Bertempat di Gedung Serba Gina Hajjah Nuriyah Binto Sontel, Dusun I simpang Desa Muara Basung

Teks foto: MTQ Ke-14 Tingkat Desa Muara Basung Resmi Ditutup, Bertempat di Gedung Serba Gina Hajjah Nuriyah Binto Sontel, Dusun I simpang Desa Muara Basung

Pinggir - MTQ Ke-14 Tingkat Desa Muara Basung Resmi Ditutup, Bertempat di Gedung Serba Gina Hajjah Nuriyah Binto Sontel, Dusun I simpang Desa Muara Basung. Minggu, 24 Juli 2022.

Pelaksanaan MTQ ke-14 tingkat Desa Muara Basung yang berlangsung selama tiga hari ini secara resmi ditutup oleh Anggota DPRD Kab. Bengkalis Dapil Pinggir-Talang Muandau Al-Azmi yang turut di saksikan oleh Camat Pinggir yg di wakili oleh Kasi dan Kasubbag se Kec. Pinggir, disaksikan juga oleh Kades Muara Basung Akhyar Mukmin serta para tamu undangan lainnya.

Hadir dalam acara penutupan, Camat Pinggir di wakili, Kapolsek Pinggir, Ketua TP PKK Kepala KUA Kecamatan Pinggir, Ka UPT dan Korwilcam Mandau Pinggir, Sekertaris Desa,Ketua BPD , Bhabinkamtibmas, Babinsa dan para tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Ketua panitia dalam laporannya menyampaikan anggaran pelaksanaan MTQ tingkat desa sumbangan dari donator seperti dari kepala desa dan donatur lain yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Anggaran tersebut, kata dia, digunakan untuk pelaksanaan kegiatan mulai dari pembangunan sarana arena MTQ, biaya konsumsi dan hadiah bagi para juara di setiap bidang yang dilombakan

“Secara umum pelaksanaan MTQ mulai dari pembukaan hingga penutupan berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang begitu berarti yang dihadapi oleh panitia selama pelaksanaan, semuanya berjalan lancar dan baik sesuai rencana,” katanya.

Pada kempatan itu, menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa dan pihak-pihak terkait lain yang ikut membantu pelaksanaan MTQ mulai dari pembukaan hingga penutupan.

“Alhamdulillah kegiatan MTQ ini bisa berjalan dengan baik dan lancar itu semua tidak terlepas dari dukungan semua pihak, mulai dari masyarakat, Bhabinkamtibmas, Babinsa, pemerintah kecamatan, Muspika, Pemerintah Daerah dan lebih khusus Pemerintah Desa Muara Basung,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Akhyar Mukmin dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur karena panitia telah sukses melaksanakan kegiatan MTQ ke-14 tingkat Desa Muara Basung.

“Alhamdulillah, MTQ ini bisa berjalan dengan baik, tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukan oleh panitia mulai dari persiapan, pembukaan hingga penutupan yang dilakukan malam ini. Terima kasih atas dedikasinya semoga apa yang kita kerjakan bernilai ibadah dan dibalas pahala oleh Allah SWT,” katanya.

Selain itu, Kepala Desa juga memberikan motivasi kepada para peserta yang mengikuti berbagai mata lomba dalam kegiatan tersebut, mulai dari peserta tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa.

“Kepada para peserta yang meraih juara dalam berbagai mata lomba agar terus meningkatkan dan mengasah kemampuannya untuk menghadapi MTQ di tingkat kecamatan dan bagi peserta yang belum meraih juara agar jangan berkecil hati teruslah berlatih dan meningkatkan potensi diri untuk meraih juara di kemudian hari,” ucapnya memberi motivasi kepada para peserta.

Sementara anggota DPRD Al Azmi, yang menghadiri sekaligus menutup acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Muara Basung yang telah membuka jalan bagi desa-desa lain untuk melaksanakan kegiatan MTQ tingkat desa. Semoga desa-desa lain bisa segera melaksanakan MTQ di desa masing-masing,” harap Al Azmi.

“MTQ adalah program nasional yang bertujuan untuk memelihara, mengembangkan, atau meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan, dan penyebarluasan alquran dan al hadits dan menjadikan alquran dan al hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama. Itu semua tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 15 tahun 2019 tentang Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Seleksi Tilawatil Qur’an.

“Musabaqah Tilawatil Qur’an atau disingkat MTQ adalah perlombaan seni baca, hafalan, tafsir, syarah, seni kaligrafi, penulisan karya tulis ilmiah alquran, dan hafalan Hadits. Sedangkan Seleksi Tilawatil Qur’an atau disingkat STQ adalah perlombaan yang melombakan sebagian cabang MTQ,” jelasnya.

Al Azmi berharap, pada lomba MTQ tingkat kecamatan nanti, para peserta dari desa muara basung dapat menunjukan kemampuan terbaik hingga bisa menyabet juara di tingkat kecamatan dan mewakili Kecamatan Pinggir dalam lomba MTQ ke tingkat yang lebih tinggi baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Semoga para juara yang diseleksi hari ini bisa mewakili Kecamatan Pinggir ke tingkat lomba yang lebih tinggi lagi sehingga bisa mengharumkan nama desa, kecamatan dan kabupaten,” harapnya.”Usai memberikan kata sambutan, Al Azmi kemudian secara resmi menutup lomba MTQ ke-14 tinggkat Desa Muara Basung. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian hadiah dan ucapan selamat kepada juara umum kepada Dusun I Simpang Muara Basung.


Tulis Komentar