• Selasa, 05 Juli 2022 - 8:15:54 Wib - Dibaca : 1314 Kali

Orientasi Kader Tim Pendamping Keluarga Kabupaten Bengkalis Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Pinggir dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Bengkalis Tahun 2022

Teks foto: Orientasi Kader Tim Pendamping Keluarga Kabupaten Bengkalis Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Pinggir dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Bengkalis Tahun 2022, di Aula Kantor Camat Pinggir

Pinggir - Orientasi Kader Tim Pendamping Keluarga Kabupaten Bengkalis Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Pinggir dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Bengkalis Tahun 2022, di Aula Kantor Camat Pinggir. Selasa, 5 Juli 2022.

Dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bengkalis, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis menggelar Orientasi Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) Percepatan Penurunan Stunting di setiap Desa/Kelurahan se-Kecamatan Bengkalis. Tim ini bertugas untuk memonitor dan melaporkan kasus stunting di daerah tempatnya masing-masing.

Dalam Acara Orientasi ini di hadiri oleh Plt.Camat Pinggir yang di wakili oleh Kasi Pelayanan dan Umum M.FAHMI ULUL ALBAAB, S.STP, Kepala UPT Puskesmas Muara Basung SURYATI, Koordinator KKB Ahli Muda Ners. ERNI SUSANTI, S.Kep, PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) Kecamatan Mandau WENDY SIREGAR, Serta Bidan atau Tenaga Kesehatan, PKK, dan Kader Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Pinggir.

Koordinator KKB Ahli Muda Ners. ERNI SUSANTI, S.Kep menyampaikan “Peran kader TPK sangat besar dalam menurunkan kasus stunting di Desa masing-masing, Kita berharap dari pembekalan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kader TPK dalam melakukan pendampingan pada kelompok sasaran," ujarnya.

Dalam Paparan Orientasi Kader Tim Pendamping Keluarga Kabupaten Bengkalis Desa/Kelurahan Se-Kecamatan Pinggir dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting ini disampaikan oleh PLKB (Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana) Kecamatan Mandau WENDY SIREGAR, menjelaskan mengenai :

TPK terdiri dari tiga unsur, yaitu bidan atau tenaga kesehatan, PKK, dan kader Keluarga Berencana (KB). Tim akan bekerja dibawah koordinasi Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Bengkalis.

Oleh sebab itu tentunya selain kemampuan melakukan pendampingan, Tim Pendamping Keluarga (TPK) juga perlu mahir dalam menggunakan aplikasi ELSIMIL bagi TPK itu sendiri. Aplikasi ini diakses melalui Google Chrome dengan alamat https://elsimil.bkkbn.go.id. Aplikasi berbasis website (web apps) ini dapat digunakan melalui laptop, komputer, maupun handphone. Di dalam aplikasi ini, TPK dapat melakukan berbagai aktivitas diantaranya menemukan Catin yang akan didampingi, melakukan komunikasi dengan para Catin hingga menyusun laporan pendampingan yang dilakukan pada fitur logbook. Diharapkan dengan memanfaatkan aplikasi ELSIMIL ini, pelaksanaan peran dan fungsi dari TPK menjadi lebih efektif dan efisien.

 


Tulis Komentar