• Sabtu, 01 Juni 2019 - 16:53:40 Wib - Dibaca : 1356 Kali

Kecamatan Pinggir Gelar Upacara Peringati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni 2019


PINGGIR - Meskipun hari libur kerja serta masih dalam suasana bulan suci Ramadhan Pemerintah Bengkalis tetap melakukan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dengan berlangsung khidmat dan lancar, Sabtu 01 Juni 2019

Upacara digelar sekitar pukul 08.00 WIB yang berlangsung dengan sangat khidmat. Ratusan peserta terdiri dari Ka.UPT & Staf Kec.Pinggir, Korwilcam Pendidikan, Kepala UPT Satuan Pendidikan, Guru, dan Tenaga Kependidikan Se Kecamatan Pinggir, TNI, Polri, Satpol PP, ASN Pemerintah Kecamatan Pinggir, Ormas Kepemudaan.

Upacara peringatan hari bersejarah itu, dipimpin langsung oleh Camat Pinggir TOHARUDIN, SH, M.Si di halaman kantor Camat Pinggir

 

 

Dalam sambutan Camat Pinggir TOHARUDIN, SH, M.Si menyampaikan, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia,"ujarnya.

Dikatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan oleh sejenak bangsa Indonesia. Proses   internalisasi   sekaligus   pengamalan nilai – nilai pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari - hari.

“Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun, keberagaman dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan 'Bhinneka Tunggal Ika',"ucapnya.

Ia mengatakan, untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara, itulah sebabnya diperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional

Sambungnya dengan merayakan hari kelahiran pancasila bangun kebersamaan dan hararapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “Weitstars Dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

"Peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan hal yang terpisah dari momentum Piagam Jakarta oleh Panitia Kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 agustus 1945,"paparnya.

Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia, kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, kita Indonesia kita pancasila,” imbuhnya.


Tulis Komentar