• Rabu, 27 Februari 2019 - 9:42:04 Wib - Dibaca : 3594 Kali

Camat Pinggir Hadiri Acara Lokakarya Mini Lintas Sektor UPT Puskesmas Muara Basung

Teks foto: Lokakarya Mini Lintas Sektor UPT Puskesmas Muara Basung

PINGGIR - Camat Pinggir menghadiri acara Lokakarya Mini Lintas Sektor UPT Puskesmas Muara Basung Kecamatan Pinggir tahun 2019, Selasa 26 Februari 2019

 

Dalam acara tersebut turut dihadiri Kepala Puskesmas Muara Basung Dr.Rima Melati,Camat Pinggir Toharudin, Anggota DPRD Kab.Bengkalis Dapil Pinggir Pipit Lestari, Ketua LAMR Kec.Pinggir Al-Azmi, serta seluruh Staf Puskesmas Muara Basung.

Camat Pinggir Toharudin menyambut positif kegiatan Lokakarya tersebut.

ia mengatakan bahwa lokakarya tersebut bertujuan untuk meningkatkan fungsi puskesmas melalui penggalangan kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektor hingga terlaksananya kegiatan puskesmas sesuai dengan perencanaan serta untuk memberi informasi, mengidentifikasi capaian hasil kegiatan puskesmas serta mencari solusi tentang permasalahan dialami,” jelasnya.

"Lokakarya mini puskesmas merupakan salah satu bentuk upaya untuk melakukan penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan melalui pertemuan, Selain itu dihadapan para peserta yang hadir Camat Pinggir, juga berharap agar para warga yang hadir dapat memanfaatkan acara Lokakarya Mini tersebut". ungkapnya

Sesuai Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas (Depkes RI, 2006), Manajemen Puskesmas merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bekerja secara sinergik yang meliputi perencanaan, penggerakan pelaksanaan serta pengendalian, pengawasan dan penilaian. Penerapan manajemen penggerakan pelaksanaan dalam bentuk forum pertemuan yang dikenal dengan Lokakarya Mini.

Berikut beberapa hal yang tercantum dalam Pedoman tersebut terkait minlok Puskesmas.

Tujuan umum Lokakarya Mini Puskesmas adalah untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Sedangkan tujuan khusus Minlok Puskesmas antara lain untuk :

  1. Tergalangnya kerjasama tim baik lintas program maupun lintas sektor.
  2. Terpantaunya hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.
  3. Teridentifikasinya masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas.
  4. Teridentifikasinya penyebab masalah serta diupayakannya pemecahan masalah.
  5. Tersusunnya rencana kerja untuk periode selanjutnya.

Ruang lingkup lokakarya mini meliputi dua hal pokok yaitu :

Lintas Program : Memantau pelaksanaan kegiatan Puskesmas berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang dihadapi serta tersusunnya rencana kerja baru. Pertemuan bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan kerjasama antar petugas intern Puskesmas, termasuk Puskesmas Pembantu dan Bidan di Desa.
  2. Mendapatkan kesepakatan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan yaitu Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK).
  3. Meningkatkan motivasi petugas Puskesmas untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan (RPK).
  4. Mengkaji pelaksanaan rencana kerja (RPK) yang telah disusun, memecahkan masalah yang terjadi dan menyusun upaya pemecahan dalam bentuk rencana kerja yang baru.

Lintas Sektor : Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dan dukungan sektor-sektor yang bersangkutan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan.

Pertemuan dilaksanakan untuk : 

  1. Mendapatkan kesepakatan rencana kerja lintas sektoral dalam membina dan mengembangkan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.
  2. Mengkaji hasil kegiatan kerja sama, memecahkan masalah yang terjadi serta menyusun upaya pemecahan dalam bentuk rencana kerja sama.

Tulis Komentar