• Minggu, 12 November 2017 - 0:29:28 Wib - Dibaca : 1588 Kali

Gubri Dijadwalkan Hadiri MTQ XLII Bengkalis 2017 di Pinggir


BENGKALIS, HUMAS – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Bengkalis ke-XLII akan digelar awal Oktober 2017 mendatang.
 
Selain Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman dan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau H Ahmad Supardi Hasibuan, dijadwalkan hadir. Bahkan Gubri dikabarkan akan membuka helat tahunan itu secara resmi.
 
Kepala Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Bengkalis H Suwarto, Senin (21/8/2017) menjelaskan, helat yang akan diikuti sekitar 400 peserta itu, bakal dipusatkan di halaman kantor Camat Pinggir, jalan Bathin Muajolelo, Desa Pinggir.
 
“Selain pawai kegiatan MTQ ke-XLII di Pinggir ini juga akan dimeriahkan bazar. Untuk bazar dipusatkan di halaman kantor Camat Pinggir,” tegasnya.
 
Meskipun pelaksanaannya masih sekitar sebulan setengah lagi, namun pria berkaca mata kelahiran 9 September 1969 ini mengatakan, sejumlah persiapan sudah mulai dilaksanakan.
 
“Beberapa waktu lalu kita juga sudah mengadakan koordinasi dan Ratas (rapat terbatas) dengan Pemerintah Kecamatan Pinggir. Insya Allah dalam waktu dekat persiapan pelaksanaan MTQ XLII akan diekspose Pak Jamaluddin (Camat Pinggir),” imbuh suami Hj Surya Suhersi ini, tanpa merinci dimana tempat pelaksanaan ekspose tersebut.
 
Katanya, ada 17 cabang yang akan diperlombakan dalam MTQ XLII di Pinggir. Yaitu, Tilawah golongan Tartil qur’an, Tilawah golongan Anak-anak, Tilawah golongan Remaja, Tilawah golongan Dewasa, Khattil Qur’an golongan Kontemporer, golongan Fahmil Qur’an, golongan Syarhil Qur’an dan golongan M2IQ (Musabaqah Menulis Ilmiah al-Qur'an).
 
Kemudian, golongan Tafsir Qur’an (Bahasa Inggris), golongan Tafsir Qur’an (Bahasa Indonesia), golongan Tafsir Qur’an (Bahasa Arab), Khattil Qur’an golongan Naskah, Khattil Qur’an golongan Hiasan Mushaf, Khattil Qur’an golongan Dekorasi, Hifzil golongan 10 Juz, Hifzil golongan 20 Juz dan Hifzil golongan 30 Juz.
 
Suwarto menjelaskan, tiga kecamatan yang baru, yaitu Talang Muandau (hasil pemekaran pinggi), Bathin Solapan (Mandau) dan Bandar Laksamana (Mandau) belum akan berpartisipasi.
 
Ketiga kecamatan itu belum ikut perlombaan pada MTQ ke-XLII, katanya, karena kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ)-nya belum terbentuk.
 
“Memang benar. Gubri H Arsyadjuliandi Rachman dan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau H Ahmad Supardi Hasibuan nanti akan kita undang dan sangat diharapkan kehadirannya,” pungkas Suwarto. ***

Tulis Komentar