• Sabtu, 04 Mei 2019 - 19:17:49 Wib - Dibaca : 3250 Kali

Camat Pinggir Hadiri Haflah Akhirus Sanah RA.MI.MTS. Yayasan Al-Muhajirin Desa Muara Basung

Teks foto: Camat Pinggir Bersama Jajarannya Hadiri Haflah Akhirus Sanah RA.MI.MTS. Yayasan Al-Muhajirin Desa Muara Basung

PINGGIR - Camat Pinggir Hadiri Haflah Akhirus Sanah RA.MI.MTS. Yayasan Al-Muhajirin Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, Kamis 2 Mei 2019

Ketika memasuki separuh bulan Sya'ban, pertanda Ramadhan segera tiba. Di waktu-waktu inilah beberapa pendidikan Islamiyah biasanya mengakhiri materi pendidikannya. Sehingga Sya'ban sering juga disebut sebagai ahir tahun pelajaran sebelum memasuki bulan suci Ramadhan

Beberapa pendidikan seperti di tingkat Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ), Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), Madrasah Diniyah Wustho (MDW), Madrasah Diniyah Ulya (MDU) dan seterusnya, biasanya pada bulan Sya'ban menggelar acara "Haflah Akhirussanah" atau "Imtihan".  Acara ini rutin digelar tiap tahunnya sebagai pertanda telah usai tahun pelajaran.

Bagi sebagian besar santri atau peserta didik, Haflah Akhirussanah merupakan moment yang sangat berarti, bahkan ditunggu-tunggu. Tak terkecuali oleh para wali santri dan masyarakat umum. Ya, karena pada moment inilah, berbagai macam prestasi, kreaksi serta unjuk gigi santri digelar. Haflah Akhirussanah seolah menjadi ajang pembuktian akan pembelajaran yang selama ini diajarkan oleh para guru atau asatidz.

Maka dari itu Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin Desa Muara Basung mengadakan acara Haflah Akhirus Sanah yang bertujuan untuk memberi ruang kreatifitas bagi para peserta didik, dan memberikan siraman rohani dan menambah semangat serta keberkahan bagi para santri, asatidz, orang tua dan masyarakat pada umumnya, serta sebagai momentum menyongsong bulan Ramadhan yang penuh berkah. Amin.

Dalam Haflah Akhirus Sanah dihadiri Camat Pinggir yaitu TOHARUDIN, SH, M.Si , Ketua Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin dan jajarannya, Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs), Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), Kepala Raudhatul Atfhal (RA), Majelis Guru, Ketua BPD, Kepala Dusun, Tokoh Pemuda serta Tokoh Masyarakat.

Di dalam acara ini, para santri tampil beragam kebolehannya. Mulai menghafal pelajaran (nadzom), menghafal do'a sehari-hari, praktek ibadah, menghafal qur'an, maupun unjuk kebolehan lainnya seperti: drama, atraksi Silat, maupun tarian tradisional.

Dalam sambutannya Camat Pinggir menyampaikan acara ini sebagai bentuk silaturahmi antara pemerintah daerah dengan Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin. Selain itu, dalam kesempatan ini Bupati juga mengucapkan selamat atas pelaksanaan Haflah Akhirussanah Tp.2018/2019 Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin.

"Alhamdulillah, menghadiri kegiatan ini juga sebagai bentuk silaturahmi dengan para siswa dan murid. Kita juga mengapresiasi dari pelaksanaan kegiatan ini," jelasnya.

Selain itu, Masnah juga berpesan kepada santri dan santriwati yang ada di Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin untuk tetap rajin belajar dan beribadah serta berusaha untuk mengapai cita-cita yang diinginkan.

Lebih lanjut Ia menyampaikan harapannya kepada pengurus Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin untuk dapat melaksanakan tugas dan amanah. Sehingga program pendidikan islami benar-benar dapat di amalkan oleh santri yang ada. 

"Kepada pengurus Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin diharapkan untuk berkoordinasi dan konsultasi tentang program dan kegiatan pendidikan keagaaman kepada kemenag, baik di daerah, kecamatan maupun desa. Harapan kita santri-santri ini lah penerus kita yang mampu mengamalkan nilai-nilai islami yang di dapat selama kegiatan mengajarnya," pungkasnya.

Sementara itu, Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin, berharap, siswa yang dilepas untuk melanjutkan ke jejang pendidikan yang lebih tinggi dapat lebih berprestasi lagi demi mengapai cita-cita dan masa depannya. Ia berharap, para siswa tersebut lebih tekun lagi belajar nantinya, sehingga berhasil dibidang yang ditekuni nantinya.

"Saya menaruh harapan besar kepada para siswa yang dilepas hari ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Gapailah pendidikan setinggi mungkin, sehingga cita-cita dapat terwujud sebagaimana mestinya," ujarnya

Dan ia juga mengucapkan terimakasih atas kehadiran Camat Pinggir dan undangan lainnya pada acara tersebut.

Acara ini diakhiri dengan Pelaksanaan wisuda se Yayasan Pendidikan Islam Al-Muhajirin, untuk siswa-siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan mulai dari tingkat Madrasah Diniyah, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, tahun pelajaran 2018-2019, dengan tema “Mewujudkan Generasi Beriman, Bertaqwa, Berilmu dan Terampil Dalam Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), berlangsung di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir.

 


Tulis Komentar